Kamis, 19 Mei 2016

goa Cikarae di Desa Leuwikaret

Jalur menuju Goa Cikarae Desa Leuwikaret Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor
Kawasan karst Klapanunggal memiliki goa-goa yang dapat dikunjungi wisatawan pemula seperti Goa Cikarae. Dengan jalur lintasan penelusuran berbentuk horizontal dan interior goa yang luas menjadikan Goa Cikarae aman untuk ditelusuri. 


Transportasi

Goa Cikarae terletak di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk mencapai Goa Cikarae bisa menggunakan pilihan transportasi seperti Kereta Rel Listrik (KRL), angkutan kota, ojek, dan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Pilihan transportasi KRL bisa digunakan dari Stasiun Duri dan Depok. Sementara angkutan kota bisa digunakan mulai dari Pasar Cibinong ke arah Citereup dan dari Pasar Citereup bisa langsung naik angkutan menuju desa Lulut atau desa Tajur.
Dari kedua desa tersebut bisa d tempuh dengan jalan kaki atau bisa juga memanfaatkan jasa ojek.

Perizinan

Untuk perijinan saat ini sudah di tertibkan melalui peraturan Desa :
   1.Setiapkegiatan yang berhubungan dengan penggalian potensi alam di desa leuwikaret  seperti penelitian dan pemetaan goa dan rekreasi dll wajib menyertakan permohonan izin dari instansi terkait/ secara perorangan  yang di tujukan kepada pemerintahan desa leuwikaret untuk mendapatkan surat izin melaksanakan kegiatan.
   2.Menyerahkan surat izin kegiatan kepada PALIKAR (PecintaAlamLeuwikaret) untuk berkoordinasi terkait tekhnis kegiatan dan mengisi Form Register Kunjungan Tamu yang di sediakan oleh PALIKAR  (Pecinta Alam Leuwikaret).

Jika ingin menelusuri Goa Cikarae dan juga goa-goa horizontal lainnya, gunakan perlengkapan seperti baju pekerja tambang atau bengkel yang memiliki sirkulasi udara yang disebut coverall, sepatu boot, cahaya penerangan di kepala (headlamp), baterai cadangan, sumber cahaya cadangan, tas anti air, handuk kecil, lilin, korek api, obat-obatan pribadi, dan juga tali pengaman (webbing).



Pemandu

Mengunjungi Goa Cikarae sangat disarankan untuk menggunakan pemandu atau instruktur,untuk pemandu silahkan berkordinasi dengan PALIKAR ( Pecinta alam Leuwikaret) dengan sekretariat berada di Kantor desa leuwikaret,
Disarankan untuk menghubungi terlebih dahulu dua minggu sebelum telusur goa dilakukan untuk konfirmasi.


Ikan karae yang konon katanya termasuk spesies langka,ikan ini hanya ada di  dalam goa karae

Jaga Lingkungan Goa

Saat menelusur goa, jagalah lingkungan goa dengan tidak membuang sampah di dalam, tidak mengganggu kehidupan biota goa, dan juga tidak membuang air besar maupun kecildi dalam goa. Bawalah kantung plastik untuk menampung sampah makanan dan minuman yang dibawa.       
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hi admin, saya warga leuwikaret juga, gimana caranya gabung jadi pelikar?